Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi – Tekanan darah merupakan kekuatan darah mendorong dinding arteri pada saat jantung memompa darah. Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi adalah suatu kondisi tubuh dimana tekanan di arteri lebih tinggi dari normal. Hipertensi dapat dialami oleh hampir semua orang.

Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Tekanan Darah Tinggi atau HipertensiJika tekanan darah ini tetap dibiarkan dalam keadaan tinggi dalam waktu yang cukup lama, dampaknya akan menyebabkan komplikasi pada tubuh.

Dan jika hal ini tidak ditindaklanjuti dengan melakukan pengobatan, maka yang terjadi adalah tekanan darah tinggi tersebut dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti penyakit stroke, gagal ginjal, jantung dan lain sebagainya.

Dalam dunia medis, tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah pada tubuh berada sama atau lebih tinggi dari 140 /90 mmHg (milimeter merkuri).

Beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya tekanan darah tinggi :

Usia yang semakin tua

Resiko tekanan darah tinggi akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Ras

Tekanan darah tinggi biasanya lebih beresiko terjadi pada ras ras tertentu.

Riwayat Keluarga

Seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat darah tinggi akan beresiko lebih besar terkena tekanan darah tinggi.

Kelebihan Berat Badan

Semakin berat tubuh maka akan semakin banyak darah yang dibutuhkan untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh. Sehingga semakin besar volume darah yang mengalir melalui pembuluh darah, maka tekanan juga semakin meningkat.

Gaya Hidup

Pola hidup yang kurang aktif atau malas bergerak akan meningkatkan resiko terkena penyakit yang dapat mempengaruhi organ tubuh seperti jantung.

Merokok

Ketika melakukan aktivitas merokok tekanan darah ikut meningkat sementara, selain itu merokok dapat merusak lapisan dinding arteri, yang menyebabkan penyempitan pada arteri, sehingga tekanan darah menjadi meningkat.

Makanan

Beberapa jenis makanan dapat meningkatkan resiko hipertensi, salah satu contohnya seperti terlalu banyak mengkonsumsi garam (dimana garam dapat mempertahankan cairan, sehingga hal ini menyebabkan peningkatan tekanan darah).

Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah.

Stres

Kondisi dibawah tekanan atau stres dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara.

Kondisi Kronis

Seperti memiliki penyakit diabetes dan penyakit ginjal.

Hamil

Kondisi hamil dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah.

Kontrol Kelahiran

Wanita yang mengkonsumsi pil KB beresiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi.

 

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi perlu di perhatikan dengan serius, karena jika tidak diobati dapat menimbulkan komplikasi yang serius seperti :

  • Stroke
  • Gagal jantung
  • Serangan jantung
  • Gagal ginjal
  • Penyakit arteri perifer
  • Masalah retina mata

Karena itu konsultasi dan periksakanĀ  ke Dokter jika Anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, agar diberikan penanganan yang tepat.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply