Pola Makan Untuk Kulit Kering

Pola Makan Untuk Kulit Kering – Mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 dan lemak sehat lainnya akan membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap kenyal dan terjaga kelembabannya.

Terdapat beberapa lotion ataupun pelembab yang dapat mengatasi kulit kering. Namun apakah dengan terapi diet dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari kulit kering, bersisik dan gatal ?

Pola Makan Untuk Kulit Kering

Lemak diperlukan bagi kulit agar air tidak mudah keluar, karena jika air mudah keluar hal ini yang akan menimbulkan dehidrasi. Selain lemak, bagian terpenting yang membantu melapisi kulit adalah fosolipid, asam lemak bebas, ceramida serta kolesterol.

Lipida interselular berfungsi sebagai perekat di permukaan kulit atau istilah kedokterannya dinamakan stratum korneum, dimana proses produksi lipida interselular pada tubuh membutuhkan bahan berupa asam lemak tak jenuh ganda, .

Selain itu fungsi lain dari  Lipida interselular adalah sebagai efek anti-inflamasi pada kulit yang teriritasi. Asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh dapat diperoleh melalui makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6.

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, beberapa jenis telur serta daging sapi yang makanan utamanya rumput.

Makanan yang kaya akan Omega 6 membantu untuk menjaga kelembaban kulit serta mencegah terjadinya penguapan air pada kulit.

Saat ini telah terdapat banyak suplemen omega 3 dan omega 6 yang dapat menggantikan makanan.

Vitamin dan Mineral untuk Kulit Kering

Vitamin C diperlukan bagi enzim yang berfungsi untuk pembentukan kalogen. Manfaat dari kalogen diketahui sebagai spons untuk kelembaban.

Selain vitamin C, kulit juga memerlukkan seng dan tembaga untuk menjaga kalogen agar lebih padat, yang dapat membuat kulit lebih berisi dan terhindar dari kekeringan. Hampir semua multivitamin yang mengandung mineral juga memiliki seng dan tembaga, namun pastikan periksa terlebih dahulu komposisi multivitamin yang Anda konsumsi. Fungsi dari seng adalah sebagai anti inflamasi, yang berperan penting dalam menjaga kulit tetap halus.

Kafein Dan Kulit Kering

Konsumsi kafein diketahui tidak menyebabkan dehidrasi, namun dapat membuat pembuluh darah menyempit, karena itu krim mata biasanya mengandung kafein yang berfungsi untuk mengurangi bengkak pada mata. Efek samping kafein dalam jangka panjang adalah berkurangnya jumlah aliran darah serta nutrisi yang diserap oleh jaringan tubuh. Itu artinya jika Anda tidak memiliki sirkulasi yang sehat, pergantian sel baru tidak akan maksimal.

 

Jika Anda sudah mengatur pola makan Anda dengan mengkonsumsi lemak yang cukup, maka menambahkan lebih banyak lemak atau suplemen tambahan tidak akan membantu mempercepat perbaikan kulit yang kering. Kecuali jika kondisi tubuh Anda kekurangan vitamin tertentu atau lemak tertentu, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Pola Makan Kulit Kering

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply