Pengobatan Miom

Pengobatan Miom – Mungkin terlintas dipikiran Anda, kerabat atau teman terdiagnosa yang memiliki miom, apa harus dilakukan untuk mengobati miom ? tindakan apa yang perlu diambil ?

Pengobatan MiomPengobatan untuk seseorang yang memiliki miom, proses penanganannya bergantung pada beberapa hal yaitu usia si penderita, tingkat keparahan atau ukuran dari miom serta bergantung juga pada keinginan Anda, apakah Anda ingin memiliki keturunan di masa depan atau tidak. Karena perlu dipahami bahwa obat yang dapat mengecilkan miom, memiliki dampak negatif yaitu dapat menggangu kesuburan. Sedangkan pada proses penanganan pengobatan melalui operasi masih dapat menjaga kesuburan, meskipun tergantung dari kondisi miom masing masing wanita .

Pengobatan Miom

Berikut adalah beberapa cara dalam pengobatan miom :

  • Obat
    Obat yang digunakan dalam pengobatan biasanya berfungsi sebagai anti inflamasi dan menggunakan obat kontrasepsi yang mengandung esterogen serta progestin, yang dapat membantu dalam mengendalikan pendarahan yang berlebihan, namun pada beberapa penelitian, hasil yang dihasilkan beragam untuk pengobatan menggunakan obat ini.
  • Miomektomi
    Merupakan suatu prosedur pengobatan dengan melakukan proses pembedahan untuk mengeluarkan miom dan tetap menjaga keutuhan rahim. Prosedur ini banyak dipilih oleh wanita yang menginginkan kehamilan dimasa depan, namun selang beberapa waktu, pada 20 sampai dengan 40 persen kasus, miom tumbuh kembali. Meskipun keutuhan rahim tetap terjaga, namun bekas dari operasi yang dilakukan dapat menyebabkan ketidaksuburan. Prosedur operasi ditentukan berdasarkan ukuran serta posisi dari miom, karena itulah prosedur operasi dibagi menjadi 3 posisi, yaitu dapat dilakukan melalui alat kelamin wanita, pusar maupun melalui perut.
  • Embolisasi Arteri Uterus.
    Pada pengobatan embolisasi arteri uterus, dilakukan pemutusan aliran darah yang menuju ke miom, sehingga pertumbuhan dari miom dapat terhenti dan ukurannya menjadi menyusut. Belum diketahui efek maupun seberapa besar efek dari penanganan ini terhadap ketidakmampuan memiliki keturunan di masa depan, karena itu bagi Anda yang menginginkan keturunan, pengobatan dengan cara ini dianggap kurang tepat.
  • Histerektomi.
    Pengobatan ini dilakukan dengan melakukan pembedahan pada uterus bersamaan dengan miom. Pilihan pengobatan ini dilakukan jika wanita yang memiliki miom merasakan sakit yang cukup parah atau terjadi pendarahan berlebihan ataupun dikarenakan ukuran miom yang sangat besar. Yang perlu diperhatikan pada pilihan penanganan dengan histerektomi adalah pengobatan ini akan menyebabkan seseorang wanita menjadi tidak mampu melahirkan anak dimasa depan.

Bagi seorang wanita yang memiliki miom, perlu disadari bahwa berdasarkan pertumbuhan, miom memiliki beberapa jenis, serta setiap miom antar satu dengan yang lain tidaklah sama, dan juga efek yang ditimbulkan tidak sama pada semua wanita. Karena itu berkonsultasilah pada Dokter spesial kebidanan atau genekologi, agar Anda mendapatkan pilihan yang tepat untuk menanganinya.


Terima kasih sudah membaca artikel

Pengobatan Miom

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply