Miom

Miom – Mungkin ada kerabat, teman atau Anda yang terdiagnosa memiliki miom, sebenarnya apakah miom itu ? apa efeknya bagi kesehatan ?

Miom adalah jenis tumor yang jinak. Persentase kejinakan dari tumor ini adalah mencapai 99% yang artinya tidak berbahaya terlepas dari ukurannya, namun jika Anda terdiagnosa memiliki miom jangan dianggap remeh atau diabaikan.

Miom

MiomSeseorang wanita yang terdiagnosa memiliki miom akan beresiko kurangnya tingkat keberhasilan dalam memiliki anak atau hamil, dan biasanya untuk orang yang terdiagnosa memiliki miom akan merasakan rasa sakit ketika  masa menstruasi, rasa sakit ini menimbulkan bervariasi, ada yang merasakan sakit yang begitu hebat, dan ada yang biasa saja.

Pertumbuhan miom biasanya berada pada rahim wanita, dan seringkali tanpa disadari, karena terkadang pertumbuhan miom ini tidak disertai dengan gejala gejala khusus. Namun bagi beberapa wanita, ada yang mengalami gejala pendarahan yang cukup berat disertai dengan rasa sakit yang sangat menyakitkan seperti teriris.

Miom dapat tumbuh pada setiap wanita dengan kondisi apapun.

Miom berasal dari sel tunggal yang berhasil melewati kontrol dari masa tumbuh sel. Dan biasanya miom tumbuh di dinding rahim maupun di dalam rahim atau bahkan menempel dilapisan luar rahim, dan ukurannya bisa seukuran buah anggur sampai dengan melon.

Miom dapat tumbuh selama proses kehamilan berlangsung tanpa menimbulkan suatu permasalahan, walaupun terkadang pada beberapa kasus, suatu jenis miom tertentu dalam jumlah yang besar dapat menimbulkan gangguan pada kehamilan bahkan menyebabkan keguguran. Untuk jenis miom fibroid, biasanya akan menyusut saat masa menopause, karena pertumbuhan esterogen dimasa tersebut mengalami penurunan, namun untuk jenis miom lainnya dapat tumbuh dengan sangat besar sehingga menggangu organ tubuh disekitarnya, jika hal tersebut cukup mengganggu biasanya dilakukan proses operasi.

Memiliki miom dapat sangat membuat tidak nyaman, dan dapat menyebabkan pendarahan yang cukup banyak, pendarahan yang terjadi bahkan dapat menimbulkan sakit anemia.

Pastikan agar Anda menghubungi dokter spesialis kebidanan atau ginekologi jika Anda merasakan gejala gejala berikut ini :

  • Gejala pendarahan yang berlangsung lebih sering dan lebih lama pada masa menstruasi.
  • Nyeri yang cukup hebat pada area sekitar punggung atau perut.

Miom Dapat Mengganggu Kesuburan

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan adalah jenis miom yang terbentuk di bawah selaput lendir dan biasanya letak dan ukurannya menonjol ke dalam rongga rahim. Karena rongga rahim yang tidak normal inilah, seseorang yang terdiagnosa miom dapat terganggu kesuburan serta terganggunya  kehamilan.

Baca : Pengobatan Miom


Terima kasih sudah membaca artikel

Miom

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply