Mengetahui Penyebab Kolesterol Tinggi

Mengetahui Penyebab Kolesterol Tinggi – Untuk beberapa orang, melakukan tes darah dasar agar mengetahui jumlah kadar kolesterol dalam tubuh adalah cukup, namun jika Anda ingin mengetahui penyebab kolesterol dalam tubuh, Anda dapat melakukan tes darah yang lebih detail.

Mengetahui Penyebab Kolesterol Tinggi

Mengetahui Penyebab Kolesterol TinggiProfil lipid dilakukan untuk mengukur total kolesterol dalam tubuh, total kolesterol LDL, total kolesterol HDL, lemak darah atau biasa dikenal dengan trigliserida.

Jika hasil dari pengukuran tersebut menunjukkan angka lemak darah Anda diatas normal dari yang disarankan, maka biasanya Anda disarankan oleh Dokter untuk mengubah gaya hidup serta memperbaiki pola makan, melakukan olah raga, menurunkan berat badan. Sedangkan jika kadar kolesterol LDL tinggi, Dokter akan memberikan obat kolesterol seperti statin atau obat penurun kolesterol lainnya.

Analisis secara umum ini biasanya cukup sangat membantu dalam memberikan penanganan, namun untuk memahami apa yang menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh, dapat melakukan tes lanjutan.

Dokter akan meminta melakukan tes lipid lanjutan serta meilihat tingkat kolesterol non-HDL.

Apa itu Kolesterol Non-HDL?

Beberapa ahli berpendapat bahwa dengan menghitung kolesterol non-HDL adalah cara yang lebih baik untuk menentukan resiko penyakit jantung, daripada mengukur kolesterol LDL saja.

Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengurangi total kolesterol dengan kolesterol HDL, sehingga akan didapatkan kolesterol non-HDL, sebagai catatan penting, kolesterol non-HDL tidak boleh 30 poin lebih tinggi dibandingkan kolesterol LDL.

Contohnya, tingkat kolesterol LDL 100 (mg/dL) atau lebih rendah merupakan tingkat yang sehat. Maka resiko penyakit jantung akan berkurang jika kadar total kolesterol non-HDL sebesar 130 (mg/dL) atau lebih rendah.

Bagaimana melakukan tes lipid tingkat lanjut ?
Tes lipid tingkat lanjut adalah tes darah sederhana yang memberikan informasi lebih detail tentang karakteristik dari kolesterol tubuh Anda, serta resiko kesehatan yang dapat dialami oleh tubuh Anda. Tes ini dapat memberikan Dokter gambaran, apa yang menjadi penyebab ketidakseimbangan kolesterol, sehingga dapat memberikan dan menentukan tindakan pengobatan terbaik.

Kolesterol merupakan bagian dari partikel lipoprotein yang dibawa dalam aliran darah. Partikel ini memiliki ukuran, ketebalan, komposisi dan faktor lain yang berbeda beda. Uji lipid tingkat lanjut yang dilakukan adalah dengan menguji karakteristik spesifik yang berhubungan dengan resiko kesehatan yang ditimbulkan, yaitu :

ApoB Tes

Tes dilakukan dengan mengukur konsentrasi partikel lipoprotein yang memiliki penanda molekuler yang disebut apolipoprotein B (ApoB) di permukaannya. Ini merupakan protein utama yang ditemukan pada kolesterol LDL, pengukuran ini dapat menjadi indikator resiko penyakit jantung dibandingkan hanya mengukur kadar kolesterol LDL.

LDL-P

Juga disebut nomor partikel LDL, pengujian ini dilakukan dengan mengukur jumlah aktual partikel LDL yang membawa kolesterol LDL per liter plasma. Dengan memiliki jumlah partikel yang lebih tinggi membuat lebih mudah bagi mereka untuk masuk ke dinding arteri, yang dapat mengatur serangkaian kejadian yang mengarah pada pembentukan plak penyumbatan arteri.

Lipoprotein

Mengukur tingkat kolesterol LDL yang disebut lipoprotein (biasa disebut dengan Lp) . Tingkat lipoprotein yang tinggi dapat menciptakan penumpukan plak yang tidak sehat yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Menurut peneliti, peningkatan lipoprotein bisa menjadi faktor risiko utama bagi penyakit jantung.

Bagaimana Pengujian Dapat Membantu Mengetahui Penyebab Kolesterol Tinggi ?

Untuk menjelaskan tes ApoB dan LDL-P (keduanya melihat jumlah partikel buruk dalam sirkulasi darah Anda), diibaratkan bahwa “Jika Anda ingin tahu seberapa buruk lalu lintas jalan, dengan mengetahui jumlah mobil dijalan akan lebih tepat dibandingkan dengan mengetahui jumlah penumpang dalam setiap mobil”.

Menurut penelitian, “Bila Anda mengukur kolesterol LDL [dalam pengujian dasar kolesterol] diibaratkan Anda sedang mengukur jumlah penumpang. Namun penggambaran situasi kolesterol tubuh yang lebih jelas adalah dengan mengetahui jumlah mobil yaitu partikel yang terbentur di dinding arteri, yang menjadi penyebab resiko terkena penyakit jantung dan stroke. dengan memahami ukuran dari partikel akan dapat membantu memahami masalah.

Seseorang dengan jumlah partikel padat dan kecil yang tinggi mungkin memiliki resistensi insulin, misalnya sel tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar untuk mendapatkan gula darah ke dalam sel, dan hal itulah yang  meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Melihat lebih dekat kolesterol tinggi dengan pengujian ini akan membantu dalam mendapatkan penanganan yang tepat, contohnya seseorang dengan kolesterol LDL tinggi yang diketahui dari pengujian kolesterol dasar, mungkin memerlukan pengobatan menggunakan statin. Namun, beberapa orang yang dirawat di rumah sakit karena serangan jantung, diketahui mungkin memiliki kadar kolesterol LDL rata-rata atau tidak terlalu tinggi, serta kadar kolesterol HDL yang rendah dan trigliserida tinggi. Namun jika dilakukan pemeriksaan ApoB, diketahui bahwa pasien memiliki jumlah partikel yang lebih tinggi, yang menunjukkan resiko penyakit jantung.

Perlu konsultasi lebih lanjut dengan Dokter dan pengujian yang lebih detail agar dapat menentukan tindakan medis yang tepat dan efektif bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Mengetahui Penyebab Kolesterol Tinggi

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply