Mencatat Siklus Menstruasi

Mencatat Siklus Menstruasi – Apakah sebagai seorang wanita  Anda dapat mengingat dengan jelas ketika ditanya oleh seseorang mengenai siklus menstruasi ? Apakah Anda menggangap hal ini kurang begitu perlu ? Atau ada anggapan karena siklus menstruasi normal maka tidak perlu dicatat ?

Mencatat Siklus MenstruasiMencatat siklus mentruasi dapat sangat berguna bagi diri Anda, karena didalamnya banyak mengandung informasi yang dapat digunakan untuk kesehatan reproduksi dan lain sebagainya. Dan cara terbaik untuk mencatat siklus tersebut adalah dengan memberikan penandaan pada kalender atau catatan pribadi. Sebagai contoh dengan menandai hari pertama ketika siklus tersebut berlangsung, dan seterusnya.

Rata rata siklus yang normal yang berlangsung adalah selama 28 hari, meskipun pada beberapa wanita terkadang ditemui siklus bisa lebih dari 28 hari atau kurang dari 28 hari,hal ini adalah hal yang masih normal selama selama tidak melebihi 35 hari dan tidak kurang dari 21 hari.

Mencatat Siklus Menstruasi, Membantu Kesehatan Reproduksi

Dengan mengetahui periode siklus menstruasi, maka seorang wanita akan dapat menggunakan informasi ini untuk beberapa hal seperti, dapat digunakan bagi seorang wanita yang menginginkan kehamilan atau bahkan menghindari terjadinya kehamilan dan juga digunakan ketika berkonsultasi dengan dokter ketika siklus menstruasi tidak teratur.

Metode pencatatan siklus menstruasi akan sangat membantu seorang wanita yang menghindari memiliki anak karena alasan tertentu, cara ini adalah metode manual yang sangat efektif untuk menghindari kehamilan, seperti yang Kita ketahui, untuk merencanakan keluarga berencana banyak keluarga yang menggunakan metode ini.

Prosesnya adalah dengan menghindari hubungan badan selama masa subur, masa subur berada di masa ovulasi dan beberapa hari sebelum atau sesudah masa ovulasi.

Jika perhitungan dan pencatatan dilakukan dengan tepat, maka metode ini dapat secara efekif untuk mencegah kehamilan, kisaran persentasi keberhasilan mencegah kehamilan dengan metode ini berada diantara 80 sampai 87 persen. Namun perlu diingat, bagi wanita yang mengalami periode menstruasi yang tidak teratur, metode ini tidak bisa diterapkan.

Demikian sebaliknya bagi para wanita yang menginginkan kehamilan, maka pasangan suami istri dapat melakukan hubungan intim selama periode ovulasi, serta beberapa hari atau sebelum beberapa hari setelah masa ovulasi demi memaksimalkan peluang mendapatkan anak.

Jika Anda merasa dengan mencatat dengan menandai pada kalender sudah terlalu biasa atau kuno, maka Anda dapat memaksimalkan fungsi smartphone Anda untuk melakukan tugas ini, dengan mencari aplikasi untuk mencatat siklus menstruasi yang banyak tersedia di App Store ataupun playstore.


Terima kasih sudah membaca artikel

Mencatat Siklus Menstruasi

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply