Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan – Meditasi berasal dari India dan sudah dikenal sejak 5.000 SM. Secara umum proses meditasi adalah melatih pikiran untuk sadar sehingga menjadi lebih fokus dan tenang. Meditasi biasanya digunakan sebagai sarana relaksasi dan untuk mengurangi stres.

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

Berikut beberapa jenis meditasi :

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

Meditasi Konsentrasi
Dilakukan dengan memfokuskan pikiran hanya pada satu objek, bisa berupa benda, gambar, nafas maupun suara. Biasanya dilakukan dengan postur duduk yang nyaman dan mata dalam keadaan terpejam selama 20 menit.

Meditasi Kesadaran
Merupakan meditasi yang dilakukan dengan tidak berfokus pada objek tertentu, sebaliknya dengan menyadari perasaan, pikiran serta sensasi yang timbul pada saat melakukan meditasi.
Meditasi Perhatian Penuh
Metode ini cukup dikenal di dunia barat, yaitu dengan memadukan konsentrasi serta kesadaran. Meditasi perhatian penuh berfokus pada semua objek yaitu perasaan, pikiran, pernafasan serta sensasi yang ditimbulkan pada saat meditasi.
Meditasi Bimbingan
Mengapa disebut meditasi bimbingan ? karena meditasi ini biasanya menggunakan suara, citra atau bimbingan personal untuk membantu kondisi pikiran mencapai tahap tenang.

Selain dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres, meditasi mempunyai manfaat yang lebih luas seperti :

Mengurangi penuaan otak dan memori yang lebih baik
Karena fokus utama meditasi adalah mencapai keadaan pikiran yang tenang, maka manfaatnya akan terasa pada bagian otak.
Mengurangi rasa sakit
Meditasi dapat berperan sebagai pereda nyeri yang sangat efektif dibandingkan dengan mengkonsumi obat obat kimia. Penelitian membenarkan hal ini, yaitu ketika melakukan meditasi, daerah otak korteks orbitofrontal dan anterior cingulate menjadi aktif, keaktifan ini berdampak pada pengendalian rasa sakit.
Tidur lebih baik
Meditasi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
Kesehatan jantung lebih baik
Faktor resiko utama terjadinya serangan jantung dan stroke adalah tekanan darah tinggi. Pola hidup sehat merupakan cara untuk membantu mengkontrol tekanan darah, namun meditasi jika dilakukan dengan rutin dapat juga membantu mengkontrol tekanan darah.
Membantu berhenti Merokok
Meditasi jika dilakukan rutin dapat membantu seseorang berhenti merokok, bahkan cukup efektif bagi orang yang tidak memiliki niat yang cukup kuat untuk berhenti merokok. Penelitian membenarkan hal ini, yaitu ketika dilakukan meditasi, jaringan kontrol diri pada otak ikut terpengaruh, sehingga seseorang dapat berhenti merokok tanpa mereka sadari.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply