Manfaat Jalan Kaki

Manfaat Jalan Kaki – Olahraga aerobik memiliki manfaat bagi kesehatan jantung serta dapat menjaga kesehatan otak. Cabang olahraga dari aerobik seperti jalan kaki dapat bermanfaat untuk melindungi pusat memori pada otak biasa dikenal dengan sebutan hippocampus.

Manfaat Jalan Kaki

Manfaat Jalan KakiUntuk menguji kebenaran tersebut awalnya dilakukan penelitian terhadap hewan, dan ditemukan bahwa olahraga jalan kaki pada hewan dapat mengurangi pengecilan volume hippocampus dan diiringi oleh meningkatnya fungsi memori.

Kemudian penelitian lebih lanjut dan mendalam dilakukan untuk menguji efeknya pada manusia, penelitian secara mendalam dilakukan dengan menggunakan objek manusia, dengan mengambil sampel acak 120 pria dan wanita yang memiliki usia sekitar 60 tahunan, 60 dari mereka ditugaskan untuk mengikuti program jalan kaki 3 kali dalam seminggu selama setahun, sedangkan 60 lainnya ditugaskan untuk mengikuti kelas perenggangan tiga kali dalam seminggu selama setahun.

Ditemukan bahwa pria dan wanita yang berjalan kaki tiga kali dalam seminggu selama setahun berdampak pada peningkatan volume hippocampus, dimana hippocampus berperan penting bagi kondisi memori pada otak, sedangkan pada pria dan wanita yang melakukan perenggangan, ditemukan bahwa volume hippocampusnya menjadi mengecil.

Dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa cara mengatasi penurunan volume hippocampus akibat usia yang bertambah dapat dilakukan dengan olah raga ringan seperti jalan kaki.

Di awal penelitian, objek penelitian sebelum diteliti dicatat terlebih dahulu kemampuan daya ingatnya, kemudian dicatat kembali setelah melewati masa enam bulan, dan pencatatan terakhir dilakukan setelah satu tahun. Hal tersebut dipantau melalui gambar resonansi magnetik otak.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa keseluruhan pejalan kaki memiliki peningkatan volume hippocampus sebesar 2 persen, sedangkan pada peserta yang melakukan perenggangan , rata rata kehilangan sekitar 1.4 % volume hippocampus.

Selain hasil tersebut, terdapat peningkatan kebugaran secara signifikan pada peserta yang melakukan aktivitas jalan kaki.

Volume hippocampus pada otak manusia secara alami mengalami penurunan sebesar 1 sampai 2 persen per tahunnya seiring bertambahnya usia, hal ini dapat menyebabkan gangguan fungsi memori dan peningkatan resiko kepikunan.

Namun penelitian ini gagal menunjukkan efek peningkatan memori yang diakibatkan oleh kelompok, karena pada dua kelompok ditemukan hasil yang sama, yaitu terjadi perbaikan yang signifikan baik dalam akurasi maupun kecepatan berfikir.


Terima kasih sudah membaca artikel

Manfaat Jalan Kaki

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply