Manfaat Diet Ketogenik Bagi Kesehatan

Manfaat Diet Ketogenik Bagi Kesehatan – Diet Keto atau yang biasa dikenal dengan diet Ketogenik, merupakan metode diet yang mengfokuskan pada asupan lemak yang tinggi, rendah karbohidrat dan protein yang cukup. Konsep dari diet ini adalah mengurangi konsumsi karbohidrat, protein dan lemak menjadi sumber utama pemasok kalori. Secara teori proses yang terjadi adalah, persediaan gula dalam tubuh dihabiskan sehingga menyebabkan penurunan berat badan atau ketosis.

Salah satu jenis diet yang sangat populer dari diet Ketogenik adalah diet Atkins.

Manfaat Diet Ketogenik Bagi Kesehatan

Berikut manfaat diet Ketogenik bagi kesehatan :

Manfaat Diet Ketogenik Bagi Kesehatan

Penurunan berat badan
Proses pengubahan lemak menjadi energi melewati beberapa tahapan yang lebih banyak dibandingkan dengan proses perubahan karbohidrat menjadi energi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa diet kategonik bisa mempercepat penurunan berat badan. Karena konsumsi protein yang tinggi tidak akan membuat mudah lapar.

Mengurangi jerawat
Diketahui bahwa salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah dari gula darah. Dengan membatasi asupan karbohidrat, maka kenaikan gula darah dapat dihindari, karena dampaknya bisa berpengaruh pada kesehatan kulit.
Mengurangi resiko kanker
Dalam penelitian, diet kategonik menyebabkan timbulnya stres oksidatif yang lebih banyak pada sel kanker dibandingkan pada sel normal. Selain itu dengan menghindari kondisi gula darah yang tinggi, diet ini dapat membantu dalam mengurangi komplikasi insulin yang berkaitan dengan beberapa jenis penyakit kanker.
Menjaga kesehatan jantung
Jika diet kategonik dilakukan dengan sehat yaitu mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak namun sehat contohnya seperti buah alpukat, bukan dengan mengkonsumsi lemak sapi, maka akan membantu menjaga kesehatan jantung, karena dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
Melindungi fungsi otak
Diet kategonik dapat memberikan manfaat bagi otak, seperti mengatasi gangguan tidur, kepikunan.
Mengurangi kejang
Kondisi ketosis dapat mengurangi kondisi kejang pada pasien epilepsi.
Meningkatkan kesehatan wanita
Mengkonsumi karbohidrat dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan kondisi kelainan endokrin yang dapat menyebabkan pembesaran ovarium dan kista. Karena itu diet kategonik dapat mengurangi resiko kelainan endokrin tersebut.

Efek Samping Diet Ketogenik Bagi Kesehatan

Diet ketogenik jika dilakukan dalam jangka pendek dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, karena terjadinya penurunan berat badan. Namun perlu menjadi catatan, jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti :

Batu Ginjal.

Kadar Asam dalam darah menjadi tinggi.

Penurunan berat badan yang drastis.

Efek samping pada masa awal melakukan diet kategonik adalah badan lemah, sembelit, gula darah rendah.

Tubuh dan otak manusia secara alami mendapatkan sumber energi dari glukosa. Karena itu dengan mengurangi karbohidrat secara signifikan dalam jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan Dokter sebelum Anda melakukan diet ini,terutama bagi penderita diabetes, hipoglikemia dan penyakit jantung, karena perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing masing agar hasil yang didapatkan bermanfaat bagi kesehatan.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Manfaat Diet Ketogenik Bagi Kesehatan

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply