Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan – Semua mahluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup. Berat badan manusia 60 persennya adalah air. Sel, jaringan dan organ tubuh pada manusia, menggunakan air untuk membantu mengatur suhu dan menjaga fungsi tubuh. Air yang berada dalam tubuh manusia dapat keluar melalui pernapasan, keringat, serta pencernaan, karena itu pastikan tetap menjaga kadar air dalam tubuh dengan mengkonsumi makanan atau minuman yang mengandung air agar tubuh terhidar dari dehidrasi. Karena jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi, tergantung dari beberapa faktor seperti, seberapa aktif fisik, kondisi iklim, kondisi tubuh apakah sedang memiliki masalah kesehatan atau tidak.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Air Melindungi Jaringan Tubuh, Serabut Spinalis, dan Sendi

Manfaat Air Putih Bagi KesehatanAir tidak hanya berfungsi sebagai penghilang rasa haus dan pengatur suhu tubuh. Lebih lanjut, air dapat menjaga tingkat kelembaban pada jaringan tubuh. Contohnya, pernahkan Anda merasakan mata, hidung atau mulut terasa kering ? Hal ini diakibatkan oleh kelembaban yang kurang pada area sekitar. Dimana tingkat kelembaban pada area sensitif ini dijaga secara optimal oleh air. Selain area sensitif tersebut, air juga menjaga area lain seperti tulang, otak dan darah. Air juga berfungsi sebagai pelumas alami bagi persendian Anda, serta berguna untuk melindungi sumsum tulang belakang.

Air Membantu Tubuh Anda Membuang Kotoran

Dengan menjaga asupan air, tubuh dapat mengeluarkan kotoran melalui keringat, buang air kecil dan buang air besar. Selain itu Air putih membantu organ tubuh seperti ginjal, hati dan usus untuk membuang kotoran dalam tubuh. Air putih juga membantu melembutkan kotoran, sehingga pada membantu kelancaran buang air besar Anda, selain itu juga membantu melancarkan makanan yang masuk dalam tubuh melalui pencernaan.

Air Membantu Sistem Pencernaan

Proses pencernaan dimulai dari air liur, dimana air liur tersusun atas air. Proses pencernaan yang terjadi membutuhkan enzim yang terdapat dalam air liur, enzim ini digunakan untuk memecah makanan dan cairan, sehingga mineral dan nutrisi lain dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Air Mencegah Kondisi Dehidrasi

Tubuh akan kehilangan cairan pada saat melakukan beberapa aktivitas seperti, olahraga berat, udara yang panas, terkena demam atau terkena penyakit diare. Jika hal ini terjadi, Anda perlu memperhatikan kecukupan asupan cairan dalam tubuh Anda. Dengan minum air putih, akan dapat memulihkan kadar hidrasi secara alami. Bagi yang mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi kandung kemih atau batu pada saluran kemih, biasanya Dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak. Dan bagi ibu hamil dan menyusui, perlu berkonsultasi dengan dokter tentang jumlah asupan cairan yang dianjurkan, karena tubuh dengan kondisi seperti itu biasanya membutuhkan lebih banyak cairan.

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan?

Mungkin timbul dibenak Anda sebenarnya berapa banyak asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh ? Namun tidak ada aturan baku untuk hal ini, hal ini berbeda untuk masing masing orang, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan tubuh harus mengkonsumsi lebih banyak atau sedikit air putih. Namun saran terbaik untuk mengetahui kecukupan asupan air putih adalah dengan melihat warna urine yang dikeluarkan oleh tubuh, jika warnanya cenderung lebih gelap, maka Anda perlu menambah asupan air putih.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply