Kenali Jenis Kulit

Kenali Jenis Kulit – Ada beberapa orang yang memiliki kulit yang berminyak, dan ada juga yang mengalami kulit kering, atau kedua duanya. Dengan mengetahui perbedaan hal tersebut akan dapat membantu dalam merawat kulit.

Kenali Jenis KulitDitinjau dari kondisi kulit, kulit umumnya dibagi menjadi empat yaitu jenis kulit yang normal, kering, berminyak serta perpaduan dari kulit berminyak dan kering. Namun seiring pertambahan usia dan faktor seperti genetik dan penyakit, kulit dapat mengalami perubahan.

Kenali Jenis Kulit

Kulit Normal

Kulit Normal memiliki ciri ciri, kelembaban yang seimbang serta pori pori yang baik. Untuk menjaga agar kondisi kulit normal, perlu meminimalisir terkena sinar matahari, penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah keriput serta kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak dapat diketahui dari jumlah minyak yang berlebih yang muncul pada kulit (pada wajah biasanya dikenal dengan sebum), orang yang mengalami kulit berminyak biasanya akan kembali berminyak hanya setelah beberapa jam mencuci muka. Kondisi kulit yang berminyak biasanya diakibatkan oleh faktor genetik, dapat juga disebabkan sedang memasuki masa puber sehingga membuat kelenjar minyak secara berlebihan menghasilkan minyak.

Pelembab yang khusus diperlukan bagi yang memiliki kulit yang berminyak, namun perlu disertai juga dengan penggunaan tabir surya agar mengurangi paparan dari sinar matahari. Gunakan tabir surya yang bebas minyak, yang diformulasikan secara khusus untuk area wajah, serta tidak dapat menimbulkan komedo dan penyumbatan pada pori pori kulit.

Kulit Kering

Untuk kulit yang kering, biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada kulit, hal ini bisa terjadi karena ada sedikit minyak yang menutupi pori pori dan permukaan kulit. Gejala yang dirasakan adalah kekakuan pada wajah, serta kulit yang mudah iritasi. Kulit yang mengelupas adalah salah satu gejala lain, namun tidak berarti selalu menjadi tanda kulit kering. Terkadang pada beberapa kasus kulit yang sangat kering dapat menimbulkan rasa gatal serta menyakitkan, kondisi ini biasa dikenal dengan eksim.

Pengobatan kondisi penyakit tertentu terkadang juga dapat menyebabkan kulit kering. Misalnya, pengobatan kanker payudara dapat menghentikan produksi hormon yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kualitas kulit Anda. Untuk merawat kulit kering, gunakan pembersih yang berbahan lembut dan bebas sabun.

Kulit Kering Dan Berminyak

Perpaduan kulit kering dan berminyak, biasanya pada area sekitar dahi, hidung dan dagu akan terdapat minyak. Sementara bagian pipi tetap kering. Faktor yang menyebabkan kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, memasuki masa puber, serta akibat kondisi dimana kelenjar minyak mengeluarkan lebih banyak minyak. Biasanya diperlukan pemakaian lebih dari satu jenis obat untuk mengatasi hal ini, yaitu obat yang berfungsi untuk mengatasi kulit kering serta kulit berminyak.

 

Cara terbaik untuk mengetahui jenis kulit Anda serta mendapatkan solusi perawatan yang tepat adalah dengan berkonsultasi dengan Dokter kulit.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Kenali Jenis Kulit

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply