Cara Mengobati Miom Tanpa Operasi

Cara Mengobati Miom Tanpa Operasi – Cara umum yang biasa dilakukan untuk mengobati miom biasanya dengan melakukan operasi histerektomi. Namun pada masa sekarang ini banyak terdapat obat atau jenis alternatif pengobatan lain yang bisa dilakukan.

Cara Mengobati Miom Tanpa Operasi

Cara Mengobati Miom Tanpa OperasiDulu pengobatan yang dianjurkan untuk mengobati miom adalah dengan melakukan operasi histerektomi, histerektomi sendiri kita ketahui merupakan tindakan pengangkatan rahim. Sehingga banyak wanita yang tidak mau melakukan prosedur pengobatan ini, karena dapat menutup kesempatan untuk memiliki keturunan.

Sehingga para wanita kemudian berlomba lomba mencari informasi tentang apa dan bagaimana pengobatan yang bisa dilakukan selain dengan melakukan histerektomi. Dan seringkali ditemukan penawaran berupa krim atau ramuan ramuan yang di klaim bisa mengecilkan miom jika digunakan secara rutin, namun hal ini belum terbukti secara ilmiah, perlu penelitian untuk membuktikan hal ini. Penggunaan obat obatan yang belum teruji seperti itu mungkin saja tidak akan berefek sama sekali, dan malah dapat memperburuk kondisi tubuh. Karena itu konsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah ada pengobatan alternatif yang alami yang dapat mengobati miom ?

Seperti Kita ketahui bahwa obat obatan yang digunakan untuk mengobati miom seperti pil KB dan obat obatan yang berkaitan dengan hormon, tidak dapat menghilangkan miom. Obat obat ini bekerja dengan memutuskan aliran suplai makanan ke miom, sehingga pertumbuhan miom tertahan, serta dapat mengurangi darah yang keluar selama masa menstruasi, dan ada juga obat yang berfungsi sebagai pengurang / penghilang rasa sakit.

Sebenarnnya ada obat yang benar benar dapat mengecilkan ukuran dari miom. Obat ini dikenal dengan nama gonadotropin, dimana cara kerja gonadotropin adalah dengan melepaskan hormon agonists, obat ini memiliki efek hormonal yang kuat, cara kerja hormonal ini adalah dengan memanipulasi tubuh, sehingga tubuh Anda berpikir bahwa Anda sudah masuk dalam masa menopause. Ketika tubuh berpikir bahwa sudah masuk pada masa menopause, maka miom akan mengecil secara alami, karena hormon esterogen menurun. Namun perlu diperhatikan efek samping dari obat ini, karena memiliki dampak yang cukup serius bagi tubuh, yaitu terjadinya pengkroposan tulang. Obat ini bukanlah solusi untuk jangka panjang, karena jika Anda berhenti mengkonsumsi obat ini, maka yang terjadi adalah miom akan tumbuh kembali ke ukuran yang lebih besar. Karena itu biasanya obat ini digunakan hanya pada saat sebelum dilakukan tindakan operasi, karena dengan membuat ukuran miom menjadi lebih kecil, akan mempermudah proses saat operasi. Biasanya untuk obat ini hanya diberikan resep selama 6 bulan.

Jadi apakah ada pengobatan yang alami untuk mengobati miom ?

Pada ulasan tentang literatur ramuan China ditemukan bahwa ada ramuan yang dapat memperkecil ukuran miom. Namun ditemukan bahwa pengurangan ukuran miom adalah tidak banyak, dan keamanan ramuan tersebut perlu dikaji lebih lanjut karena belum diketahui dampaknya. Karena itu, perlu dilakukan kajian yang lebih ilmiah dan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak dan hasilnya.

 

Apakah ada pengobatan alternatif melalui melalui operasi untuk miom ?

Data menunjukkan bahwa terdapat 25 persen wanita yang memiliki miom, namun hanya 1/4 dari jumlah tersebut yang merasakan gejala yang cukup hebat sehingga perlu dilakukan tindakan operasi. Sebenarnya ada pengobatan lain seperti emboli uterus, dimana dalam pengobatan ini dilakukan tindakan menghancurkan miom dengan cara memotong suplai darah ke miom, namun hal ini dapat berdampak pada tingkat kesuburan wanita.

Prosedur penanganan lainnya yang lebih inovatif yang dapat menghilangkan miom, namun tetap mempertahankan kemampuan untuk hamil adalah dengan metode ultrasonografi terarah, yang menggunakan resonansi magnetik, dimana metode ini telah mendapat persetujuan FDA pada tahun 2004. Miom dihancurkan menggunakan gelombang ultrasound.

Apakah diet dapat membantu mengobati miom ?

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko miom, terutama jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan, resiko yang ditimbulkan bisa mencapai 2 atau 3 kali lebih besar dari wanita yang memiliki berat badan normal. Jadi kesimpulan yang bisa diambil adalah, makanan dapat mempengaruh pertumbuhan / pembentukan miom, terutama daging merah dapat meningkatkan resiko terbentuknya miom. Karena itu dianjurkan mengkonsumsi sayuran berwarna hijau.

Miom sebenarnya tidak perlu diobati kecuali jika menyebabkan gangguan serius pada tubuh, seperti rasa sakit yang sangat hebat, ukuran yang sangat besar, serta dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Jika hal hal itu terjadi pada tubuh Anda, maka sebaiknya Anda mengkonsultasikan ke Dokter kebidanan atau genekologi, agar dapat ditentukan prosedur yang tepat, aman dan efektif bagi Anda.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Cara Mengobati Miom Tanpa Operasi

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply