Cara Mengobati Kebotakan Pria

Cara Mengobati Kebotakan Pria – Kerontokan rambut pria biasanya terjadi sekitar umur 30, dimana statistik menunjukkan 2 dari 3 pria mengalami kerontokan tersebut. Seiring dengan perkembangan ilmu kedokteran, muncul beberapa cara untuk menghentikan kerontokan dan bahkan dapat menumbuhkan kembali rambut yang rontok.

Bagi Anda para pria yang mengalami kebotakan, jangan minder karena fakta menunjukkan bahwa seperempat dari pria mengalami kebotak pada usia 30 tahun.

Jauh sebelum ditemukannya solusi medis untuk permasalahan kebotakan ini, pria biasanya menggunakan wig rambut untuk menutupinya atau menyisir rambut yang masih ada ke bagian yang botak, namun seiring dengan ilmu kedokteran yang telah berkembang, pria dapat mengembalikan rambut yang botak kembali normal.

Cara Mengobati Kebotakan Pria

Perawatan Rambut Rontok Mengunakan Obat-obatan

Cara Mengobati Kebotakan PriaUntuk pengobatan rambut rontok pada pria, dipasaran tersedia 2 jenis obat yaitu Rogaine (minoxidil) dan Propecia (finasteride).

Untuk obat Rogaine telah tersedia sejak tahun 1998 yang dapat di beli di apotik terdekat, merupakan larutan cair yang cara penggunaannya dengan mengoleskan langsung ke area kulit yang botak di kepala, dianjurkan digunakan 2 kali sehari. Rogaine dapat memperlambat kerontokan rambut, serta mendorong pertumbuhan rambut baru. Tidak dianjurkan penggunakan berlebihan, karena selain tidak dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut, juga dapat mengakibatkan efek samping. Untuk melihat hasilnya, Rogaine harus digunakan selama 4 sampai dengan 12 bulan.

Rogaine dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi gatal, kekeringan, pengelupasan pada kulit kepala, iritasi serta rasa terbakar pada kulit kepala. Selain berefek pada bagian kepala, rogaine juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, pembengkakan, kesulitan dalam bernafas, jantung yang berdetak lebih cepat, nyeri pada dada serta sakit kepala ringan. Jika Anda merasakan gejala gejala tersebut tidak hilang dan bahkan semakin parah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Anda.

Sedangkan obat Propecia telah ada sejak tahun 1997, obat ini berbentuk pil dan telah terbukti lebih efektif dibandingkan Rogaine. Cara kerja obat ini adalah dengan memblokir enzim yang bertanggung jawab dalam pembentukan dihydrotestosterone (DHT) pada pria. DHT merupakan produk sampingan dari hormon testosteron pada pria, DHT dapat menyebabkan folikel rambut menjadi mengecil dan berhenti bertumbuh. Untuk merasakan manfaatnya, Anda perlu menggunakan obat ini selama tiga bulan. Propecia memiliki efek samping yang serius yaitu dapat menyebabkan impotensi dan nyeri pada buah zakar.

Propecia dan Rogaine hanya dapat mengendalikan kerontokan rambut, namun tidak dapat menyembuhkan kebotakan.


Terima kasih sudah membaca artikel

Cara Mengobati Kebotakan Pria

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply