Cara Mencegah Nyeri Punggung

Cara Mencegah Nyeri Punggung – Nyeri punggung adalah suatu kondisi umum yang dapat dialami oleh semua orang, hal ini disebabkan oleh aktivitas sehari hari yang ringan namun dilakukan secara berlebihan.

Cara Mencegah Nyeri Punggung

Cara Mencegah Nyeri PunggungNyeri pada punggung bisa terjadi diakibatkan oleh trauma atau benturan, contohnya seperti terjatuh atau mengalami kecelakaan pada saat berkendara. Namun penyebab umum yang sering ditemukan adalah disebabkan oleh aktivitas sehari hari yang dilakukan tidak sesuai prosedur, seperti melakukan aktivitas memutar badan atau menjangkau sesuatu, duduk di depan komputer dalam posisi yang sama selama beberapa jam, membungkuk atau aktivitas membawa tas sekolah atau tas belanja.

Sakit punggung sebenarnya dapat dicegah dengan cara cara sederhana, berikut adalah cara mencegah nyeri punggung dan untuk melindungi tulang belakang :

Olahraga

Salah satu hal yang penting yang harus dilakukan untuk mencegah nyeri pada punggung adalah dengan melakukan olahraga. Mengapa dengan berolahraga dapat mencegah penyakit punggung ? Seperti diketahui bahwa otot perlu untuk digerakkan, sehingga jika tidak dijaga kondisinya dengan baik, gerakan sederhana bisa saja menyebabkan rasa sakit dan melukai punggung, contohnya seperti mengangkat kursi atau bangku di dalam rumah. Dengan berolahraga Anda juga dapat menjaga cairan sendi Anda. Selain itu dengan rutin melakukan olahraga, maka akan dapat menurunkan berat badan, seperti diketahui bahwa kelebihan berat badan terutama diarea sekitar perut akan dapat menambah tekanan pada bagian punggung.

Menjaga Pola Makan.

Dengan menjaga pola makan dengan baik dan benar, selain dapat bermanfaat untuk mengontrol berat badan juga dapat menjaga agar tubuh lebih santai dan rilex. Makanan yang terlalu pedas maupun makanan cepat saji yang mudah ditemui akan dapat menggangu sistem saraf, yang berdampak pada masalah nyeri punggung. Dengan mengkonsumsi makan makanan yang sehat seperti buah buahan dan sayuran, daging tanpa lemak, produk susu serta biji bijian akan dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sehingga organ usus dapat bekerja dan berfungsi dengan baik, hal ini dapat menjaga kesehatan tulang belakang, karena bagian dalam organ maupun bagian luar berhubungan satu sama lain. Ditemukan bahwa orang orang yang memiliki keluhan nyeri pinggang biasanya juga mengalami iritasi pada perut.

Tidur Menyamping.

Posisi terbaik untuk tidur adalah dengan mengambil posisi menyamping. Jika tidur menyamping Anda bertumpu pada perut, pastikan agar meletakkan bantal pada bagian bawah perut Anda untuk menghilangkan tekanan pada punggung Anda. Pastikan agar bantal dan kasur yang Anda gunakan nyaman. Karena tidur yang nyenyak dapat membantu menjaga kesehatan. Lakukan olahraga disiang hari, agar Anda merasakan tidur yang lebih nyenyak pada malam hari.

Menjaga Postur Tubuh

Orang orang yang bekerja dengan posisi duduk selama tujuh sampai delapan jam sehari dapat menyebabkan nyeri punggung. Dengan melakukan aktivitas membungkuk pada saat didepan komputer, sedang bertelepon dan lain sebagainya, mereka tidak menyadari kerusakan dan rasa sakit yang ditimbulkan dari aktivitas tersebut. Jangan terlalu lama duduk atau berada di depan komputer, lakukan perenggangan selama melakukan aktivitas tersebut.

Mengurangi Stres.

Anda mungkin heran, apa hubungan antara stres dan nyeri pada punggung ? Stres dapat menyebabkan kondisi otot Anda menegang, ketegangan yang cukup lama terjadi dapat menyebabkan nyeri pada punggung. Sehingga jika nyeri punggung yang Anda alami disebabkan oleh stres, maka dengan mengurangi stres, dapat mengurangi sakit atau mencegah sakit punggung. Beberapa aktivitas diketahui dapat membantu mengurangi stres seperti, yoga, meditasi, bernafas secara mendalam, serta melakukan gerakan tai chi.

Berhenti Merokok.

Merokok selain dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, paru paru dan kanker juga dapat menyebabkan sakit punggung berkepanjangan. Hal yang terjadi, yang dapat menggangu kesehatan punggung ketika Anda merokok adalah, terjadinya penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah dapat menyebabkan tulang belakang kekurangan nutrisi dan oksigen, sehingga nyeri punggung menjadi lebih lama sembuh dan rentan terkena cidera.

Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi resiko sakit punggung. Namun jika Anda sudah mengalami sakit punggung jangan dibiarkan, karena jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kondisi nyeri atau cidera yang lebih serius. Konsultasikan dengan Dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Cara Mencegah Nyeri Punggung

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply