Cara Alami Untuk Meningkatkan Kolesterol HDL

Cara Alami Untuk Meningkatkan Kolesterol HDL – Dengan seiring meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh, hal ini dapat mencegah resiko terjadinya penyakit jantung serta stroke.

Jumlah kolesterok HDL yang tinggi dalam tubuh dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kolesterol HDL berfungsi untuk menghilangkan kelebihan lemak dalam darah, serta membantu menjaga dan membersihkan pembuluh arteri tubuh, dan dapat melindungi dari penyakit jantung dan stroke.

Cara Alami Untuk Meningkatkan Kolesterol HDL

Cara Alami Untuk Meningkatkan Kolesterol HDLKemudian timbul pertanyaan bagaimana cara untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL secara alami ? Faktor utamanya adalah dengan memperbaiki gaya hidup.

Kebiasaan hidup yang sering Anda lakukan akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda, serta berpengaruh pada tingkat kolesterol tubuh, karena itu lakukan olah raga teratur agar kadar HDL darah meningkat.

Lakukan pengecekan darah rutin agar Anda mendapatkan informasi tentang jumlah kolesterol tubuh, kondisi kesehatan kardiovaskular serta mendapatkan tanda peringatan dini jika beresiko memiliki penyakit jantung.

Tingkat Kolesterol yang dianjurkan bagi Kesehatan

Kolesterol Total merupakan total jumlah dari beberapa paramenter seperti Kolesterol HDL, Kolesterol LDL, Trigliserida, dan komponen lemak (lipid) dalam darah. Satuan dari pengukuran tersebut adalah miligram per desiliter darah (mg / dL).

Biasanya orang cenderung fokus pada penurunan kolesterol LDL dan kadar kolesterol total, namun dengan meningkatkan kolesterol HDL dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Menurut Pusat pengendali dan pencegahan Penyakit, berikut adalah batas normal tingkat kolesterol dalam tubuh :

  • Total Kolesterol kurang dari 200 mg / dL
  • Kolesterol LDL kurang dari 100 mg / dL
  • Kolesterol HDL di atas 40 mg / dL pada pria dan di atas 50 mg / dL pada wanita

 

Berikut adalah pola hidup yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL :

Olahraga.

Lakukan olahraga rutin agar kadar HDL Anda meningkat. Anda dapat melakukan latihan aerobik dengan waktu sekitar 30 menit setiap hari.

Berhenti merokok.

Dengan menghentikan kebiasaan merokok, dapat membantu menaikkan kadar kolesterol HDL

Menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan, dapat meningkatkan kadar HDL dalam darah, sesuaikan berat badan Anda dengan tinggi Anda, agar mencapai berat badan ideal. Lakukan olahraga teratur dan jaga kecukupan asupan gizi.

Kurangi konsumsi gula.

Makanan yang mengandung karbohidrat yang terdapat pada es krim, kue kering dapat menurunkan tingkat HDL dalam darah, serta dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

Pilihlah lemak yang lebih sehat.

Kurangi dan hindari lemak jenuh seperti yang terdapat pada mentega, susu berlemak. Serta hindari lemak trans yang biasa ditemukan pada makanan olahan atau makanan ringan. Mengkonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan kadar LDL meningkat, dan penurunan kadar HDL dalam darah. Beralihlah ke produk yang mengandung lemak tak jenuh yang biasa ditemukan pada minyak nabati seperti minyak zaitun.

Makan lemak ikan.

Salmon, mackerel, atau ikan lain yang hidup di perairan es memiliki dampak positif pada kenaikan HDL dalam darah. Ikan jenis ini kaya akan asam lemak omega-3, yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, serta membantu kesehatan kolesterol dalam darah.

Tambahkan serat ke makanan Anda.

Serat larut yang ditemukan pada buah, sayuran, kacang-kacangan, kacang polong, dan biji-bijian dapat meningkatkan kadar HDL, dan juga membantu menurunkan kolesterol total Anda.

 

Lakukan langkah langkah tersebut diatas agar terhindar dari serangan stroke, serta menjaga kesehatan jantung Anda agar kesehatan tetap terjaga dengan baik, demi diri dan keluarga Kecil Anda.


Terima kasih sudah membaca artikel

Cara Alami Untuk Meningkatkan Kolesterol HDL

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply