Apakah Bercukur Membuat Rambut Tumbuh Tebal ?

Apakah Bercukur Membuat Rambut Tumbuh Tebal ? – Banyak diantara Kita mungkin pernah mendengar bahwa dengan bercukur akan membuat bulu atau rambut tumbuh dengan tebal, namun apakah mitos atau fakta ?

Apakah Bercukur Membuat Rambut Tumbuh Tebal ?

Apakah Bercukur Membuat Rambut Tumbuh Tebal ?Mencukur bulu atau rambut ditubuh Anda tidak akan membuatnya menjadi tumbuh lebih gelap atau lebih tebal, rambut atau bulu yang tercukur akan mati dan tidak akan mempengaruhi rambut yang masih tumbuh, yaitu folikel yang berada dibawah kulit.

Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang mempelajari pola pertumbuhan rambut atau bulu yang dicukur dan tidak dicukur selama beberapa bulan. Ditemukan bahwa tidak ada perbedaan terhadap tingkat pertumbuhan rambut atau bulu tersebut.

Pemahaman dan kepercayaan tentang rambut atau bulu yang sering dicukur akan tumbuh dengan tebal, didasari karena ketika rambut tumbuh dengan alami tanpa dicukur, maka pertumbuhannya akan menjadi runcing, sehingga terlihat lebih tipis. sedangkan pada rambut yang dicukur pemotongan biasanya dilakukan pada sudut yang tumpul atau tidak runcing, sehingga rambut terlihat lebih tebal.

Saat rambut yang sudah dicukur kembali tumbuh, tekstur rambut akan terasa lebih kasar dan lebih tebal, akibatnya akan terlihat lebih gelap. Ketebalan rambut biasanya diukur dari ukuran folikel tempat asal rambut tumbuh, sedangkan kegelapan rambut ditentukan oleh melanosit (sel yang menghasilkan melanin, yang merupakan pigmen yang mewarnai rambut dan kulit)

Berikut tips untuk medapatkan hasil cukur yang lebih halus :

  • Gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih dan ganti pisau cukur ketika dirasa sudah tidak tajam lagi atau berkarat.
  • Gunakan krim pelembab untuk membantu melumasi rambut.
  • Untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang bisa menyumbat pisau cukur, cukur dengan pelan.
  • Lembabkan dengan lotion untuk membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus.
  • Selain mencukur saat ini dapat menggunakan metode waxing untuk menghilangkan bulu atau rambut, metode ini akan menghasilkan hasil yang lebih halus, karena akan menghilangkan rambut sampai ke akar. Selain itu terdapat metode lain yaitu menggunakan laser, dimana dapat menghilangkan rambut secara permanen.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Apakah Bercukur Membuat Rambut Tumbuh Tebal ?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply